Android 13: Semua yang perlu Anda ketahui

Android 13 adalah bab berikutnya yang menarik dari sistem operasi populer Google. Setelah versi Android 12 tahun lalu, yang mengguncang segalanya dengan memperkenalkan desain Material You baru yang berani, kami semua berharap Google terus mengembangkan gaya visual baru ini dan memposisikannya lebih menonjol di seluruh sistem operasi Android dan juga mendesak produsen pihak ketiga untuk mengadopsi lebih banyak aspek di dalamnya.
Jika sejarah telah mengajari kita sesuatu, pembaruan perangkat lunak utama biasanya diikuti oleh pembaruan kualitas hidup yang bertujuan untuk menyempurnakan dan menyempurnakan formula yang baru diperkenalkan. Yah, Android 12 adalah pembaruan perangkat lunak yang cukup besar dan mengubah banyak hal, jadi Android 13 pasti akan menjadi pembaruan seperti itu.
Setelah Google I/O 2022, Android 13 sudah keluar sebagai beta publik kedua yang dapat diikuti oleh siapa saja yang memiliki perangkat yang memenuhi syarat. Versi OS berikutnya akan secara resmi dipamerkan di KTT dev Google I/O 2022 all-virtual pada 11 Mei 2022. Android 13 juga diharapkan mencapai stabilitas platform pada Juni 2022. Rilis resmi Android 13 untuk ponsel Pixel diharapkan pada Agustus – September 2022. 

Pratinjau Android 13 beta

Kami mendapatkan Android 13 beta, tetapi dalam kondisi saat ini, tidak ada yang menghentikan Anda di jalur Anda: fitur yang disertakan dalam beta sebagian besar adalah peningkatan kualitas hidup dan privasi kecil yang melukiskan evolusi kisah untuk pembaruan Android yang akan datang. Lihat di bawah ini:

Android 13 berita terbaru

Nama Android 13

Sebenarnya, Android 13 akan menjadi versi utama ke-22 Android yang dirilis sejak diluncurkan pada akhir tahun 2008. Tidak seperti kebanyakan versi Android yang diberi nama setelah makanan penutup manis dalam urutan abjad, versi Android terbaru telah memilih skema penamaan numerik murni. ‘Pelakunya’ adalah Android 10, yang seharusnya menggunakan huruf Q untuk nama makanan penutup, tetapi karena kurangnya makanan penutup terkenal yang dimulai dengan huruf tersebut, Google memilih untuk menghapus nama makanan penutup khusus sama sekali.
Penggemar Android mungkin terbagi dua mengenai perubahan yang cukup baru ini. Di satu sisi, itu membuat segalanya tetap sederhana, tetapi di sisi lain, itu merampas keunikan Android dan membuat versi yang berbeda jauh lebih mudah dilupakan. Android 5.0 Lollipop dan Android 8.0 Oreo memiliki suguhan yang sedikit berbeda bukan?
Secara internal, Android 12 mengusung nama Snow Cone. Dan apa nama makanan penutup manis Android 13? Secara internal, ini tampaknya disebut sebagai “Tiramisu”, tetapi kami ragu Google akan memberikan nama asli dari makanan penutup Italia yang populer, tetapi tentu saja, ini akan tetap belum dikonfirmasi … mungkin sampai Android 13 resmi.

Tanggal rilis Android 13

Android 13 akan dirilis ke perangkat Pixel yang memenuhi syarat paling lambat Agustus 2022.

Pratinjau Publik telah dirilis, dan selain itu, Google juga telah membagikan garis waktu kasar tentang bagaimana hal-hal akan terjadi untuk pembaruan Android berikutnya. Dilihat dari Informasi Teknologi terkini, kita dapat menyimpulkan Android 13 akan secara resmi keluar pada Agustus atau awal September 2022. Perangkat lunak ini diharapkan mencapai stabilitas platform dengan pembaruan beta Juni yang diharapkan, yang berarti bahwa pengembang akan diberi lampu hijau untuk memperbarui aplikasi mereka. untuk rilis yang akan datang.

Ponsel mana yang akan mendapatkan Android 13?

Android 13 pada akhirnya akan tersedia di sebagian besar ponsel saat ini dan yang akan datang. Hanya Pixel yang lebih baru yang memenuhi syarat untuk Android 13, dengan seri Pixel 3 dan sebelumnya sayangnya mendapatkan tongkat pendek.
Beta publik saat ini tersedia untuk ponsel Pixel (Pixel 4 dan yang lebih baru), serta beberapa ponsel non-Google, seperti OnePlus 10 Pro, Oppo Find X5 Pro, dan Realme GT 2 Pro.
Satu hal yang pasti: build pengembang awal hanya akan tersedia di ponsel Pixel. Setelah pengumuman resmi Android 13, kami berharap Google akan memperluas dukungan ke merek ponsel lain juga. Namun, tidak ada yang mengatakan produsen mana yang akan berpartisipasi: sementara banyak pembuat ponsel berpartisipasi dalam Android 10 beta beberapa tahun yang lalu, daftarnya semakin menipis dengan Android 11 dan Android 12.
Berikut beberapa ponsel yang dipastikan akan mendapatkan Android 13 pada akhir tahun 2022:
  • Seri Google Pixel ( Pixel 6, Pixel 6 Pro , Pixel 6a , Pixel 5, Pixel 5a, Pixel 4, Pixel 4 XL, Pixel 4a, Pixel 4a 5G)
  • Seri Samsung Galaxy S22 ( S22, S22 Plus, S22 Ultra )
  • Seri Samsung Galaxy S21 ( S21, S21 Plus, S21 Ultra , S21 FE )
  • Samsung Galaxy Seri Z Lipat ( Z Lipat 4, Z Lipat 3)
  • Seri Samsung Galaxy Z Flip ( Z Flip 4, Z Flip 3)
  • OnePlus 10 Pro

Fitur baru Android 13

Sekarang, ke bagian yang paling menarik. Fitur baru apa yang akan hadir dengan Android 13? Meskipun itu agak terlalu dini, sejumlah rumor dan kebocoran yang sehat telah muncul di ether, dan inilah semua yang kita ketahui sejauh ini.

Perbaikan visual

Android 12 memperkenalkan tema otomatis yang mengekstrak warna dominan wallpaper Anda dan menggunakannya untuk melukis antarmuka Anda. Dengan Android 13, Google memperluas fungsionalitasnya, menawarkan empat tema warna yang sudah jadi.
Membangun perombakan visual yang diperkenalkan dengan Android 12, Android 13 menambahkan banyak peningkatan kualitas hidup ke antarmuka. Stock Android sekarang memiliki Ikon Bertema, yang mengambil warna dominan dari wallpaper Anda dan menerapkannya sebagai warna pada ikon Anda, membuat tampilan monokromatik yang tenang. Widget Pencarian Google, biasanya ditemukan di bagian bawah layar, juga bertema dengan warna pilihan Anda, membuat tampilan yang lebih koheren.
Fitur ini hanya berfungsi di layar beranda (aplikasi di laci aplikasi Anda tidak akan bertema), dan sejauh ini hanya berfungsi dengan aplikasi stok. 
Android 13 juga dilengkapi dengan pemilih wallpaper yang didesain ulang yang sekarang memungkinkan Anda melihat pratinjau latar belakang yang tersedia langsung dari layar beranda dengan menekan lama ruang kosong. Meskipun tidak senyaman menu wallpaper biasa, ini memungkinkan Anda mengubah latar belakang dengan cepat.
Kontrol media juga akan ditingkatkan, yang akan menampilkan sampul album masing-masing dari lagu yang Anda dengarkan dengan lebih jelas. Berikut tampilannya.

Penemuan ubin Pengaturan Cepat

Dengan penemuan ubin Pengaturan Cepat yang tidak begitu baik, Google telah mengambil sendiri untuk memudahkan pengguna untuk mengetahui apakah suatu aplikasi menawarkan fungsionalitas tambahan seperti itu. Setiap kali Anda menginstal aplikasi yang menyediakan ubin Pengaturan Cepat khusus, pemberitahuan akan menunggu Anda di bayangan pemberitahuan, memberi tahu Anda tentang perubahan itu.

Aplikasi multibahasa

Pengguna multibahasa akan senang mengetahui bahwa Android 13 sekarang memiliki API relevan yang memungkinkan aplikasi terpisah memiliki bahasa yang berbeda dari setelan bahasa utama perangkat mereka. Misalnya, perangkat Android dapat disetel ke bahasa Hindi, tetapi aplikasi terpisah dapat disetel ke bahasa Inggris. Fitur ini akan berada di dalam menu Pengaturan > Sistem > Bahasa & Input > Bahasa Aplikasi, tetapi belum aktif dalam versi beta.

Pemilih Foto

Android 13 juga memperkenalkan pemilih foto baru, salah satu fitur baru yang lebih penting. Mirip dengan yang ditemukan di iOS dan dengan tujuan meningkatkan privasi, pemilih foto baru memungkinkan pengguna untuk berbagi foto tertentu dengan aplikasi tanpa memberikan akses ke seluruh perpustakaan foto mereka, yang merupakan peningkatan privasi utama. Ini sangat kontras dengan perilaku biasa pemilih foto Android, yang secara default meminta izin untuk membaca seluruh perpustakaan foto Anda.

font vektor warna

Android 13 memperkenalkan dukungan penuh untuk font COLRv1 dan memperbarui semua emoji sistem ke format font baru ini. Apa artinya ini dalam istilah awam? Teks dan emoji sekarang akan tampak lebih tajam, tidak peduli skala renderingnya.

Privasi & Keamanan

Alih-alih popup “akses penyimpanan eksternal” yang ada, aplikasi yang menargetkan Android 13 akan memiliki tiga izin media granular tambahan untuk diminta. “BACA GAMBAR MEDIA,” “BACA AUDIO MEDIA,” dan “BACA VIDEO MEDIA” adalah tiga kategori baru, dan mereka akan memungkinkan pengelolaan mikro izin aplikasi yang lebih baik. Ada juga izin baru yang menargetkan sensor tubuh dan pengumpulan datanya di latar belakang.
Pada akhir tahun, Android 13 akan mencetak menu Privasi dan Keamanan baru yang tidak hanya akan menilai status privasi/keamanan Anda saat ini, tetapi juga memberi Anda rekomendasi yang relevan secara tepat waktu.
Ada beberapa peningkatan pada privasi dan izin. Android 13 akhirnya akan memungkinkan sistem atau pengguna untuk mencabut izin secara otomatis. Ini akan “membunuh” izin yang sebelumnya diberikan ke aplikasi untuk alasan apa pun, berpotensi meningkatkan privasi dan keamanan dengan margin yang signifikan.
Android 13 kini memiliki audio Bluetooth LE, yang memungkinkan pengiriman musik berkualitas tinggi tanpa mengurangi masa pakai baterai secara signifikan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *