Urutan Pangkat Polisi dari Perwira, Bintara hingga Tamtama

Urutan Pangkat Polisi dari Perwira, Bintara hingga Tamtama

Grameds, Struktur jabatan dan pangkat terhadap kepolisian Republik Indonesia terasa diberlakukan sejak 1 Januari 2001 lalu. Pada sementara itu, TNI dan Polri kemudian terasa dipisahkan agar punyai isyarat kepangkatannya sendiri. Bagimu yang tertarik dan mengidamkan menjadi TNI dan Polisi, mari kenali dahulu jenjang pangkatnya secara lengkap berikut ini.

Berikut ini adalah kronologis pangkat polisi di Indonesia dari yang paling tinggi hingga ke pangkat yang paling rendah.

Berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 berkenaan Administrasi Kepangkatan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia di dalam BAB II
tentang Golongan Kepangkatan Pasal 3 : cara lulus tes polri

Golongan Kepangkatan Polri terdiri dari:
a. Perwira;
b. Bintara; dan
c. Tamtama

Buku Bekerja Sebagai Polisi yang ditulis oleh Erma Yulihastin bakal amat bermanfaat bagi Grameds yang berminat untuk menjadi polisi, dikarenakan di dalamnya terkandung kualifikasi yang dibutuhkan, tips dikala mengikuti ujian seleksi, serta jenjang karier dan pangkat polisi itu sendiri.

A. Urutan Pangkat Polisi Indonesia dan Lambangnya Golongan Perwira
1. Perwira Tinggi
urutan pangkat polisi perwira tinggi
Source : id.wikipedia.org
Jabatan yang paling tinggi terhadap Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah Perwira Tinggi. Pangkat terhadap jenjang ini diantaranya Jenderal Polisi, Komisaris Jenderal Polisi, Inspektur Polisi dan Brigadir Jenderal Polisi.

a. Jenderal Polisi
Polisi berpangkat Jenderal sebagai posisi paling tinggi di kepolisian. Lambang yang dimiliki oleh polisi berpangkat jenderal adalah simbol 4 bintang berwarna emas, simbol ini terhitung merupakan isyarat kehormatan dikarenakan seorang Jenderal pasti punyai tugas dan tanggung jawab yang penting dan berat.

b. Komisaris Jenderal Polisi (KOMJEN) sekolah kedinasan TNI POLRI
Polisi bersama pangkat Komjen atau komisaris jenderal merupakan pangkat polisi bersama jabatan penting di dalam kepolisian. Pada umumnya, Komjen duduki jabatan kepala BNN, Wakapolri, hingga Kabaintelkam. Lambang polisi berpangkat Komjen adalah 3 bintang berwarna emas.

c. Inspektur Jenderal Polisi (IRJEN)
Irjen atau inspektur jenderal duduki posisi di atas brigadir jenderal. Polisi bersama pangkat irjen mampu duduki jabatan sebagai atau pemimpin tertinggi kepolisian tempat (kapolda). Lambang pangkat yang dimiliki oleh irjen adalah 2 bintang berwarna emas.

d. Brigadir Jenderal Polisi (BRIGJEN)
Pangkat Brigjen duduki posisi paling bawah terhadap golongan perwira tinggi. Polisi bersama pangkat brigjen ini mampu menjabat sebagai kapolda atau pemimpin tertinggi kepolisian daerah. Brigjen punyai pangkat bersama simbol bintang satu.

2. Perwira Menengah
urutan pangkat polisi perwira menengah
Source : id.wikipedia.org
Perwira menengah terdiri dari pangkat Komisaris Polisi, Ajun Komisaris Besar Polisi dan Komisi Besar Polisi.

a. Komisaris Besar Polisi (KOMBESPOL)
Senior dari pangkat ini adalah superintendent. Pangkat ini adalah yang tertinggi terhadap jenjang Perwira Menengah.

b. Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)
Disebut terhitung sebagai superintendent. Tugas dari AKBP kebanyakan dibantu oleh Komisaris Polisi atau Kompol. Pangkat ini dilambangkan bersama dua diamond bersama warna emas.

c. Komisaris Polisi (KOMPOL)
Lambang dari pangkat ini adalah satu diamond berwarna emas.

3. Perwira Pertama
tanda pangkat polisi perwira pertama

Perwira adalah jajaran pangkat yang paling tinggi terhadap kepolisian Republik Indonesia. Terdapat tiga pangkat terhadap jenjang Perwira Pertama. Meliputi Senior Inspektur Polisi, Inspektur Polisi Tinggi, serta Inspektur Polisi Dua.

a. Ajun Komisaris Polisi (AKP)
Merupakan pangkat yang paling tinggi terhadap jenjang Perwira Pertama. Tugasnya mengontrol kinerja dari bawahannya.AKP sebagai senior dari dua komisaris lainnya. Jika Komisaris layaknya Letnan di dalam TNI, maka AKP mampu dimisalkan sebagai kaptennya. Lambang dari pangkat ini adalah tiga balok bersama warna emas.

b. Inspektur Polisi Satu (IPTU)
Lambang dari pangkat ini adalah dua balok emas. Dalam kemiliteran, Iptu mampu disetarakan bersama Letnan Satu.

c. Inspektur Polisi Dua (IPDA)
Ipda mampu bekerjasama bersama Aipda untuk lakukan tugasnya. Dalam kemiliteran, Ipda mampu disetarakan bersama Letnan Dua. Lambang Ipda adalah satu balok berwarna emas.

B. Urutan Pangkat Polisi Indonesia dan Lambangnya Golongan Bintara

1. Bintara Tinggi
tanda pangkat polisi bintara tinggi

Dalam Kepolisian Republik Indonesia, jenjang Bintara Tinggi berada terhadap satu tingkat di bawah Perwira Pratama dan setingkat di atas Bintara. Terdapat dua pangkat polisi terhadap jenjang ini diantaranya Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) dan terhitung Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda).

Bintara Tinggi adalah kepanjangan tangan dari para perwira untuk lakukan perintah dari atasan secara langsung. Bintara Tinggi mesti mampu mengembangkan diri bersama baik, punyai pengalaman lapangan yang cukup, punyai pengetahuan yang tinggi untuk mewujudkan misi, serta kesiapan ethical dan mental yang mumpuni.

a. Ajun Inspektur Satu (AIPTU)
Bertugas menopang Letnan Satu. Lambang dari pangkat ini adalah huruf V terbalik dan saling terhubung. Sekilas layaknya ombak di lautan. Sedangkan warna dari pangkat ini adalah perak. Kemampuan yang mesti dimiliki oleh Aiptu polisi adalah merealisasikan perintah menjadi tindakan agar lebih efektif, fokus,efisien, dan terhitung tepat sasaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *